Kamis, 30 Maret 2023

Ciri-Ciri Umroh Mabrur

 Ciri-ciri umroh mabrur, Tentu kita sudah sering mendengar kata haji mabrur/umroh mabrur. Mabrur berarti diterimanya ibadah haji/umroh kita oleh Allah SWT. Sebagai umat Islam yang datang ke Mekkah pastinya menginginkan ibadahnya di tanah suci tersebut bisa mabrur. Allah menjanjikan bagi umat Islam yang haji/umrohnya mabrur kelak balasannya adalah surga.

apakah kita bisa mengetahui mana yang diterima dan mana yang tidak, karena hal tersebut sangat ghaib bagi kita, kita tidak bisa begitu saja menyebutkan bahwa umroh orang tersebut mabrur atau tidak, namun kita akan mengetahuinya dari berbagai perubahan yang terjadi kepada orang tersebut setelah melaksanakan Umroh. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang yang umrohnya di terima

Dikatakan mabrur dan tidaknya memang hak Allah sepenuhnya tapi kita bisa melihat dari ciri-ciri para haji dan umroh yang ibadahnya mabrur yakni sebagai berikut :

tata cara umroh

1. Perubahan perilaku

Perilaku sehari-haribisa menjadi tolak ukur umroh atau hajinya mambrur atau tidak. yang sebelumya kasar setelah pulang akan berubah rerilakunya menajadi ramah dan santun, dan pastinya akan lebih rajin menjalankan ibadah.

karena menurut sebagian orang yang pernah melaksanakan umroh dan haji di Makkah, apabila kita berkata-kata tidak baik kepada Allah dan kepada orang lain di saat sedang melaksanakan Umroh dan Haji maka balasannya akan disegerakan di saat itu juga, maka biasanya bagi orang-orang yang umrohnya di terima Allah, akan selalu ada perubahan perilaku ini ketika mereka pulang ke Indonesia.

promo umroh

2. Bersifat lebih dermawan

Para jamaah haji/umroh yang mabrur ia akan jadi lebih rajin bersedekah dan berinfaq. Menyantuni anak yatim dan orang miskin. Dia tidak segan-segan menafkahkan hartanya untuk orang lain. Mereka sadar bahwa kekayaan dunia adalah semu.

hal ini adalah perubahan yang sangat besar bagi orang-orang yang telah berumrah dan telah berhaji, karena umroh yang mabrur menjadikan mereka sadar bahawa kekayaan dunia yang sesungguhnya adalah kekayaan yang dapat di bawa ke akhirat, yaitu kekayaan yang di dermakan untuk amal sholeh dan di shodaqohkan.

3. Semakin taat dalam beribadah

Bagi seseorang yang sudah pernah melaksanakan perjalanan Umroh dan Haji tentunya kita akan merasakan betapa besarnya ke-Maha Kuasaan Allah SWT, dan merasakan bahwa dirinya betapa kecil di hadapan Allah, dari hal ini biasanya menjadikan orang yang umrohnya mabrur akan semakin meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah dan semakin cintanya kepada Nabi Muhammad SAW, hal ini yang paling di idam-idamkan oleh banyak orang yang telah beribadah umroh dan haji, karena tidak semua orang bisa mendapatkan perubahan ini.

umroh murah

4. Sifat sosial lebih meningkat

Bagi orang-orang yang haji atau umrohnya mabrur akan ada perubahan secara sosialnya, akan lebih mudah untuk bergaul dengan orang lain dan cenderung tidak sombong dan angkuh karena merasa sudah berhaji, atau sudah berumroh, lebih bisa menempatkan dirinya di masyarakat dan lebih bisa perhatian terhadap isu-isu yang terjadi di masyarakat sekitarnya.

5. perubahan Secara Materi

Bagi orang-orang yang telah melaksanakan Umroh dan Haji, Allah akan gantikan harga yang dibelanjakan untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji tersebut dengan berlipat-lipat kali ganda, selama niatnya orang yang umroh itu hanya lillahi taala, bukan karena maksud apapun, dan bukan karena maksud riya dan sombong, atau karena malu bahwa orang lain baik itu keluarga atau teman-temannya sudah umroh dan dia belum, atau umrohnya bukan karena dorongan hati, karena ikut dengan teman-temannya.

Meskipun biaya yang digunakannya adalah biaya sendiri, namun karena niat umroh atau hajinya bukan karena Allah dan bukan karena ingin membuktikan kecintaan kepada Allah maka hal itu akan sia-sia belaka, hanya akan menjadikan umroh dan hajinya lelah dan cape dan tidak lebih hanya sekedar tamasya dan berdarma wisata saja.

Haji Furoda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar